Tinggalkan komentar

Sekian lama Evolution Info kembali aktif, tapi….


blog wordpress

Evolution Info

Halo kawan-kawan setia Evolution Infosekian lama saya tidak aktif di blog ini akhirnya saya kembali.

Lama saya tidak mempublish artikel, terakhir artikel yang saya buat yaitu informasi mengenai game online Sail Question Pirate King pada tanggal 27 bulan Mei tahun 2014. itu lumayan lama sekali.

Banyak sekali perubahan saat saya membuka akun blog ini, dimulai dari teman-teman seperjuangan blog yang menggunakan CMS ini mulai meninggalkannya sama seperti saya, tapi saya tidak menghapus blog ini. hingga perubahan pada fitur CMS WordPress ini.

Terakhir kali saya melihat tahun 2016 salah satu pemilik blog yang saya anggap sebagai teman meski tidak terlalu dekat yaitu NewbieTora mulai menggunakan WordPress kembali, tapi menggunakan yang versi self-hosting namun blog tersebut kembali tidak aktif.

LALU BAGAIMANA DENGAN SAYA SENDIRI ?

APAKAH KEMBALI AKTIF DI DUNIA BLOG ATAU TIDAK ?

Well, jawabannya adalah YA tapi TIDAK di Blog ini.

Tidak di blog ini ? jadi buat blog baru ?

Betul, saya tidak kembali fokus di blog ini dan saya membuat blog baru dengan menggunakan CMS yang berbeda.

Kenapa saya tidak fokus kembali di blog ini dan tidak menggunakan CMS yang sama karena beberapa alasan.

  1. Pertama CMS WordPress.com versi gratis ini mohon maaf sekali jika saya berkata jujur, pengaturan yang disediakan sangat minim. Alasan pertama ini yang sangat saya sayangkan, saya tidak bisa leluasa mengatur blog seperti struktur tampilan.
  2. Kedua CMS WordPress.com minim fitur, berbeda sekali dengan versi self-hosting fitur yang disediakan lengkap seperti fitur andalan yaitu plugin yang bisa kita tambah sebanyak mungkin, meski versi gratis mulai ada fitur tersebut tpi hanya menampilkan plugin yang diberi  dari wordpress dan kita tidak bisa menambahnya.
    Lalu untuk kapasitas penyimpanannya terbatas, saya hanya diberi kapasitas yaitu 3GB penyimpanan, sedangkan itu tidak cukup untuk blog saya kedepannya seperti mengupload gambar.
  3. Ketiga CMS WordPress versi gratis menyediakan paket untuk uprage disertai bonus domain yang sangat mahal termasuk , diliat dari paket Pribadi saja pertahunnya seharga 35.88 Dollar jika dirupiahkan diperkirakan mencapai Rp 466.440,- tentu itu sangat mahal. ditambah lagi penyimpanannya hanya menambah 6GB dibandingkan dengan membeli hosting rata-rata sudah menyediakan penyimpanan unlimited. dan bisa memiliki email custom.

    Paket Uprage WordPress

    Paket Uprage WordPress

  4. Keempat Dukungan bahasa pemrograman terbatas di WordPress versi gratis.
  5. Kelima tidak bisa memasang ads (iklan). malahan blog saya dipasang ads oleh pihak wordpress tanpa persetujuan saya dan saya tidak mendapatkan apa apa. memang hobi saya ngeblog, tapi saya juga ingin menghasilkan pendapatan sampingan meski tidak terlalu berharap bisa mendapatkan perhasilan dari ngeblog, hitung-hitung sebagai bentuk pengembangan blog agar tetap berjalan. mungkin sobat juga berpikiran hal yang sama.

    Iklan WordPress tanpa persetujuan saya dan saya tidak mendapatkan bagi hasil dari wordpress

    Iklan WordPress tanpa persetujuan saya dan saya tidak mendapatkan bagi hasil dari Pihak WordPress

Masih banyak lagi alasan saya tidak lagi menggunakan CMS ini, tapi tidak bisa semuanya saya jelaskan. pada intinya kelima alasan itulah yang paling saya pikirkan.

Jadi apa blog sekarang menggunakan CMS WordPress versi self-hosting ?

Tidak

Kenapa ?

Karena untuk saat ini saya masih belum sanggup untuk membeli hosting sebagai server sekaligus penyimpanan data blog, tapi saya berjanji akan menggunakannya jika memang sudah sanggup mengeluarkan biaya yang sesuai.

Lalu untuk blog sekarang menggunakan CMS apa ?

Saya menggunakan CMS BLOGSPOT yang pertama kali saya gunakan mengawali untuk blog ditahun 2009. meski saya beberapa kali menggantinya

Apa ada keistimewaan sendiri dari Blogspot ?

Tentu, karena MENURUT SAYA blogspot sebenarnya sudah sangat baik mengingat pemiliknya adalah Google, banyak aplikasinya yang terhubung dan mendukung dengan blogspot dan Google  lebih mengistimewakan blogspot daripada CMS lain.

Dan karena alasan tertentu saya menyukainya dan sangat susah saya menjelaskannya sehingga menjadi yakin untuk memilih blogspot sebagai keseriusan saya ngeblog kembali.

Apakah blogspot memerlukan hosting sebagai server?

Tidak, blogspot sudah memiliki server sendiri jadi kita tidak perlu membeli servernya, dan server blogspot baik sekali. siapa sih yang gak tau Google ? Perusahaan besar loh.

Jadi saya hanya perlu mengganti domainnya saja.

Lalu bagaimana dengan blog ini ?

Sekali lagi saya memohon maaf jika sobat sangat menunggu artikel terbaru saya, saya ingin mengkonfirmasi bahwa blog ini tidak akan lagi saya gunakan termasuk update artikel terbaru, namun saya tidak akan menghapus blog ini karena beberapa artikel yang saya publish ini masih ada yang dikunjungin dan itu lumayan banyak.

Mungkin itu saja dari konfirmasi saya mengenai kejelasan blog ini, saya sangat berterima kasih jika sobat sudah menjadi pengunjung setia blog ini. blog ini yang awalnya hanya sebuah blog untuk tugas sekolah saya dari kelas 1 SMK hingga menjadi hobi saya untuk memberi tips mengenai blog salah satunya. tanpa saya sadari rupanya blog ini lumayan banyak pengunjungnya. rata-rata perhari selalu ada sekitar 25 hingga 40 pengunjung  sampai sekarang. jika sobat ada pertanyaan saya sebisa mungkin menjawabnya kalau ada waktu kosong.

Sekian dan terima kasih.

         Hormat Saya

Muhammad Syahruddin

Beri Komentarnya Dong

