1 Komentar

Olahraga Parkour


Tentunya sudah sering pembaca menyaksikan adegan orang yang berlari meloloskan diri dengan cara melompati pagar, tembok atau meloncat dari ketinggian, semuanya dilakukan secara akrobatis. Memukau!

Seperti itulah Parkour. Salah satu jenis olahraga yang hingga semakin banyak saja peminatnya. Parkour berarti bergerak dari tempat satu ke tempat yang lain dengan sangat cepat. Taksaja cepat melakukan gerakan Parkour harus memenuhi prinsip dasar olahraga ini. Prinsip dasar Parkour meliputi keindahan gerak yang diimbangi oleh kemampuan dari diri orang yang melakukannya.

Parkour pertama kali diperkenalkan oleh David Belle, seorang pria berkebangsaan Perancis. David Belle hanya mengenalkan olahraga ini di Preancis saja tetapi dengan cepat sekali menyebar ke seluruh Eropa hingga akhirnya mendunia.

Sebenarnya, bukan David Belle yang menemukan Olahraga Parkour, melainkan George Herbert sebagai orang pertama yang menciptakan gerakan-gerakan dasar Parkour. Gerakan dasar Parkour yang diciptakan oleh George Herbert meliputi berjalan, berlari, melompat, memanjat, dan banyak lagi yang lainnya.

George Herbert terilhamdi dari prilaku suku bangsa Afrika yang rata-rata memiliki kemampuan gerakan gimnastik dan akrobatik. Menurut pengamatannya, pembentukan gerakan akrobatik dan gimnastik merupakan hasil tempaan dari lingkungan.

Gerakan yang diciptakan oleh George Herbert disebut dengan methode naturalle, yang disertai motto, “to be strong to be useful”. Murid pertama George Herbert adalah Raymond Belle, ayahnya David Belle. Dari sinilah Parkour berkembang…

Taksaja masyarakat sipil yang menyukai olahraga Parkour. Militer di Perancis pun tertarik dengan Parkour. Konon, tentara Perancis yang ditugaskan ke Vietnam pada 1960-an dibekali dengan gerakan dasar Parkour yang berjumlah 10 gerakan. Antara lain, berjalan (walking), berlari (running), melompat (jumping), mengayun (swinging), quadpedral movement, seimbang (balancing), melempar (throwing), mengangkat (lifting), memanjat (climbing), dan berenang (swimming).

Traceur adalah sebutan bagi pelaku Olahraga parkour. Olahraga ini taksemata olah tubuh, banyak nilai-nilai yang bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, semisal pantang menyerah, melawan rasa takut, dan bangkit dari keterpurukan.

Sejarah Parkour

Parkour ditemukan oleh david belle di perancis, “parkour” bertujuan untuk melatih efisiensi gerakan untuk membentuk badan dan pikiran seseorang untuk dapat menghadapi rintangan-rintangan dalam kondisi bahaya.

Parkour mempunyai arti bergerak atau berpindah tempat dari point a ke point b seefisien dan secepat mungkin yang menggunakan prinsip dari parkour dengan mengedepankan keindahan bergerak sekaligus diimbangi oleh kemampuan dari tubuh manusia itu sendiri.
Sebenarnya parkour sudah ada sejak dulu sebelum manusia mengenal kata “parkour” itu sendiri. Tapi parkour dideskripsikan dan dikenalkan ke seluruh dunia oleh seorang pria berkebangsaan perancis yang dikenal dengan nama david belle. Dialah yang telah memperkenalkan olahraga ini ke seluruh dunia yang awalnya hanya berkembang di perancis. Sehingga akhirnya berkembang ke seluruh daratan eropa dan akhirnya menyebar ke seluruh dunia
terinspirasi dari ayahnya, raymond belle seorang tentara perancis yang akhirnya bergabung dengan sapeurs-pompiers ( pemadam kebakaran militer). Lahir di tengah keluarga pemadam kebakaran membuat david terinspirasi dengan cerita-cerita tentang kepahlawanan. Saat berumur 16 tahun, david memutuskan untuk meninggalkan sekolah untuk mencari kecintaannya akan kebebasan, aksi, dan untuk mengembangkan kekuatan dan ketangkasan yang dimilikinya agar berguna dalam kehidupannya, seperti yang selalu dinasehatkan oleh ayahnya. Raymond memperkenalkan pada anaknya tentang sebuah latihan halang rintang dan metode natural yang akhirnya dikenal dengan nama parkour. Sejak saat itu ,setiap david sepulang sekolah ia mulai memainkan skenario sendiri bagaimana dia bisa meloloskan diri dari situasi yang sulit. Menurut david, parkour dapat berguna sebagai self-defense dalam keadaan tidak terduga. Saat martial art bisa disebut sebagai sebuah bentuk latihan untuk fight (bertarung), parkour merupakan suatu bentuk latihan untuk flight (kabur).
Sejak usia 15 tahun, david belle pindah ke lisses (salah satu kota di perancis). Pada waktu itu, dia bertemu dengan para remaja di sana yang tertarik dengan apa yang dilakukan oleh david. Disinilah cikal bakal dari lahirnya sebuah grup parkour yang dikenal dengan nama yamakasi. Bersama teman masa kecilnya, sebastian foucan beserta beberapa pemuda lainnya mulai mengembangkan yamakasi sebagai tim parkour yang dikenal di perancis. Namun karena perbedaan prinsip, david dan sebastian berpisah dan meninggalkan yamakasi. Sehingga saat film yamakasi yang dibuat pada tahun 2001 harus tetap berjalan tanpa kehadiran mereka berdua.
David tetap memegang prinsip parkour yang tetap mengedepankan tentang keefektifan dan efisiensi yang menampilkan kesederhanaan dan memiliki filosofi melewati rintangan dengan cepat dan efisient. Sedangkan sebastian lebih memilih untuk membuat gerakan-gerakan dari parkour terlihat lebih indah yang dapat membuat orang yang melihatnya menjadi tertarik. Sehingga akhirnya ia menambahkan gerakan acrobat seperti flip atau salto dikombinasi dengan gerakan pacours du combatant yang akhirnya menjadi freerunning. Hal tersebut yang membuat david belle berbeda pandangan dengan sebastian foucan. Karena menurut david belle, gerakan acrobat atau salto sangat tidak efisien dan sangat bertolak belakang dengan originalitas parkour. Selain itu, keinginan untuk melakukan gerakan hanya untuk dilihat orang lain tanpa keinginan untuk melakukan gerakan itu dari diri sendiri, merupakan hal yang bertolak belakang dengan parkour.
Saat ini david belle memulai tur dunia dengan asosiasi yang dia dirikan (pawa) bersama tim parkour yang dulu dia dirikan. Dan ini hanyalah sebuah awal.
Agan-agan pasti tau david belle kan ? Dia itu adalah aktor yang terkenal di film district banlieue 13 ( district b13) , banlieue 13 ultimatum (b13 u)

Filosofi Parkour

Melawan Rasa Takut
seseorang yang takut untuk mencoba, tidak akan berbuat apa-apa dan tidak akan menjadi siapa-siapa. Semua manusia pasti melewati proses seperti ini. Kalau kita tidak bisa melawan rasa takut, ngga akan ada kemajuan dalam kehidupan. Kita bisa naik motor, sukses dalam bisnis, menang tender dan sebagainya adalah buah dari keberanian kita melawan rasa takut.

Tapi ingat ukur ketakutan dan keberanianmu dengan meteran nyali. Kalau kita terlalu berani, kita akan bertindak bodoh, ceroboh bahkan celaka. Tapi kalo terlalu takut, maka kita tidak akan berbuat apa-apa. Jadi antara rasa takut dan berani harus seimbang.

Kreatifitas dan Kebebasan

dalam parkour kita bisa berkreasi untuk menciptakan gerakan atau menggabungkan beberapa gerakan dasar menjadi gerakan baru tergantung kreatifitas kita. Hidup pun begitu, kita harus kreatif sehingga bisa berguna dan bermanfaat dalam kehidupan. Selain itu, parkour juga mengajarkan kita untuk bergerak bebas menuju kebebasan tanpa melawan aturan.

Flexible dan Fluiditas
berlatih parkour akan membuat diri kita flexible dan semangat kita terus mengalir. Begitu pula dalam kehidupan. Saat kita berada dalam lingkungan baru, kita berpikir untuk tetap flexible dan mampu beradaptasi dengan lingkungan tersebut. Walaupun lingkungan tersebut awalnya tidak membuat diri kita nyaman. Sedangkan fluiditas akan membuat diri kita mempunyai semangat yang terus mengalir untuk menjalani kehidupan walaupun mempunyai masalah yang berat.

Parkour Menentang Kompetisi

Sebuah kampanye datang dari beberapa praktisi parkour tentang menentang keras adanya kompetisi dan rival di dalam parkour. Kompetisi tidak sesuai dengan filosofi dan nilai moral dari parkour yang mengutamakan kebebasan. Kompetisi hanya akan mendorong seseorang untuk mengalahkan orang lain yang disaksikan oleh penonton atau hanya akan menambah keuntungan oleh beberapa corporasi yang hanya mengambil keuntungan dari parkour.
Latihan parkour bukan ditujukan untuk melawan atau mengalahkan orang lain. Parkour ditujukan untuk membantu orang lain sehingga manusia mempunyai cara berpikir moderasi (sederhana) dan memiliki ketahanan fisik yang lama.

Parkour Bukan Olahraga Extreme
Banyak orang awam yang melihat video-video parkour mulai beranggapan bahwa parkour adalah olah raga ekstrem dan menggolongkannya dengan olahraga seperti skate board, bmx dan lainnya. Sehingga banyak orang yang nekat melakukan gerakan-gerakan berbahaya yang akhirnya berakibat pada cedera serius.Parkour tidak hanya berhubungan dengan nyali saja, tapi sangat berhubungan erat dengan pikiran matang, latihan fisik dan dan teknik yang terus menerus dilakukan. Gerakan-gerakan yang kita lihat melalui video seperti yang dilakukan david belle dan anggota yamakasi merupakan hasil dari sebuah latihan panjang selama belasan tahun.

Itu saja sekilas informasi tentang olahraga Parkour.

Kalau Anda Ingin elihat Video video tentang Olahraga Parkour ,bisa dilihat lewat video ini.
Sungguh Olahraga yang Extreme.

Dan Ini yang Paling saya sukai

Untuk Pembaca,dimohonkan untuk tidak mencoba olahraga parkour seperti ini,karena Sangat berbahaya apalagi bagi pemula.
jika anda ingin mencoba cobalah dasar dasarnya dalam teknik Olahraga Parkour.

One comment on “Olahraga Parkour

  1. edan men…. mau nih

Beri Komentarnya Dong

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: